Minggu, 18 Agustus 2013

Cara Menggunakan Kamera DSLR

Kamera DSLR, dslr cameraCara Menggunakan Kamera DSLR
  Saat ini, jumlah orang yang menggeluti dunia –fotography makin bertambah pesat. Baik sebagai penyaluran hobby, pengisi waktu luang maupun jadi sebuah profesi. Kondisi ini terjadi seiring makin mudahnya sarana untuk menghasilkan sebuah foto, yakni lewat HP, smartphone, atau beragam jenis kamera digital yang bisa didapat dipasaran.
Khusus mengenai kamera digital, sekarang ini, tipe kamera DSLR paling banyak mendapat pangsa pasar. Fasilitas canggih, bobot ringan serta harga yang terjangkau menjadi salah satu alasan orang suka dengan tipe kamera ini. Meski begitu, banyak juga orang yang punya kamera SLR ini justru belum bisa mengoperasikan piranti miliknya.
Bagi mereka yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan kamera digital, hal itu tentunya tidak akan terjadi. Kendala mengoperasikan kamera DSLR itu biasanya terjadi pada mereka yang masih tergolong awam dalam urusan kamera digital. Mereka ini umumnya membeli kamera DSLR untuk membuat dokumen foto karena alasan fasilitas canggihnya saja.
Lalu bagaimana Cara Menggunakan Kamera DSLR dengan baik? Berikut ini perlu diperhatikan beberapa petunjuk yang barangkali cukup bermanfaat:
1. Coba dulu saat membeli kamera. Sebelum pembayaran, pastikan kamera itu bisa mengambil gambar dengan maksimal. Untuk ini, Anda bisa minta penjual kamera agar mencoba mengambil beberapa gambar di dalam atau di sekitar toko tersebut.
2. Minta diajari cara mengoperasikan kamera secara singkat. Pelajaran yang diperlukan tidak perlu yang detail dulu. Minimal cara membuka lensa, membidik obyek kemudian melihat hasil bidikan. Nah, kebanyakan orang malu minta petunjuk ini. Kalau Anda benar-benar awam dalam urusan kamera sebaiknya buang rasa malu bertanya ini.
3. Minta agar kamera disetting automatis saja pada penjual atau pelayan. Hal ini diperlukan agar Anda bisa langsung mengoperasikan kamera ketika sudah keluar dari toko tersebut. Barangkali dalam perjalanan Anda ingin membidik beberapa obyek yang dianggap menarik. Setting standar kamera sudah mencukupi.
4. Tahap selanjutnya jika ingin menambah ilmu adalah membaca buku petunjuk yang biasanya sudah disertakan dalam dus kamera. Sebenarnya, dengan membaca buku itu dengan cermat, Anda sudah bisa dipastikan tidak akan bingung ketika akan menggunakan kamera. Nah, biasanya orang yang bingung ini adalah mereka yang malas membaca buku petunjuk.
5. Kenali kamera dengan baik. Caranya, dengan menghafalkan bagian-bagian kamera berikut tempatnya serta fungsinya. Misalnya, tombol on/off, tempat kabel data, baterai, menu, lensa, dll ada di sebelah mana. Dengan mengenal kamera dengan baik maka bisa dipastikan Anda akan bisa menggunakan dengan maksimal.
6. Perbanyak latihan. Untuk bisa menggunakan kamera tidak cukup menguasai teori dan sesekali saja mempraktekkan. Lakukan latihan mengambil gambar sesering mungkin dengan obyek yang beraneka macam. Lakukan pengambilan gambar dari berbagai sudut dan dalam beberapa kondisi cuaca. Waktu hujan, cerah, mendung, malam bahkan saat gelap gulita. Pindah hasil bidikan Anda dalam laptop atau PC dan coba amati hasilnya. Makin banyak mencoba makin maksimal kemampuan Anda dalam menggunakan kamera.
7. Belajar melalui internet. Tidak ada salahnya pula mencoba menambah ilmu kamera lewat berbagai situs website di internet. Coba saja, lakukan tips-tips memotret yang ada di situs tersebut. Ini juga akan menambah wawasan Anda soal kamera.
8. Bertanyalah pada ahlinya. Kalau Anda punya kawan, saudara, relasi atau tetangga yang sudah ahli pada masalah kamera tidak ada salahnya berkonsultasi. Jangan lupa bawa kamera dan hasil jepretan yang sudah Anda ambil sebelumnya. Mintalah masukan dan tips-tips memotret dengan baik menggunakan kamera.
Begitulah sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang Cara Menggunakan Kamera DSLR. Semoga bermanfaat …

0 komentar:

Posting Komentar

Lhuna'Rigusna

Lhuna'Rigusna

Followers