Sekilas Tentang Internet Marketing (E_Marketing)
Pengertian Internet Marketing
secara garis besar adalah melakukan suatu tindakan pemasaran produk
atau suatu jasa yang di pasarkan melalui media internet (online). Dalam
Pengertian Internet Marketing di sebut juga e-marketing atau e-pemasaran (electronic) dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline.
Internet Marketing (emarketing) is the process of growing and promoting an organization using online media.” (Wikipedia)
Itulah definisi Wikipedia, yang sering dijadikan rujukan otoritatif bagi para netter. Melanjutkan definisi itu, wikipedia menuliskan bahwa metode di dalam emarketing termasuk: search engine marketing, display advertising, e-mail marketing, affiliate marketing, interactive advertising and viral marketing.
Itulah definisi Wikipedia, yang sering dijadikan rujukan otoritatif bagi para netter. Melanjutkan definisi itu, wikipedia menuliskan bahwa metode di dalam emarketing termasuk: search engine marketing, display advertising, e-mail marketing, affiliate marketing, interactive advertising and viral marketing.
Definisi itu sangat cocok untuk
perusahaan yang berbasis dunia nyata (brick and mortar business) yang
menjadikan Internet hanya sebagai sebuah media.
Sebagai
“sarana baru” atau “pasar baru”, Internet hanya menjadi bagian kecil
dari sebuah upaya marketing perusahaan yang jangkauannya sangat luas.
Dalam pengertian ini, emarketing mungkin sangat dekat dengan fungsi
promosi dan penjualan (sales) di dalam pengertian marketing tradisional.
Tetapi bagi
perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di Internet (pasar,
produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti perusahaan mesin
pencari (search engine), layanan hosting, social networking, dsb,
pengertian emarketing tersebut terlalu sempit. Bahkan, untuk sebuah
situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar promosi dan penjualan.
Untuk
perusahaan-perusahaan yang hidup di sepenuhnya di Internet,
pengertian marketing yang umum mungkin lebih tepat. Meminjam kembali
definisi dari Wikipedia, “Marketing is the process of identifying the
consumers’ wants and needs and making the product to satisfy these.”
Di
dalamnya, ada aspek strategis, ada aspek teknis. Rasanya pengertian
itu lebih pas. Supaya emarketing tidak hanya berkisar pada SEO, emai
marketing, affiliate marketing yang merupakan satu bagian dari sebuah
aktivitas marketing yang komprehensif.
E-Marketing (Electronic Marketing
Pengertian
tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah
sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it
consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products
and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut:
E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari
kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan,
dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Menurut American Marketing
Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing
adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran
konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih
sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling
memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat
ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.
Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet.
Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk
melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan
Burrow, 2005).
Menurut Boone
dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam
e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi
proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang
dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital
lain.
Sedangkan menurut Strauss
dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi
elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi,
promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang
memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
Apa itu www eMarketing?
World
Wide Web (www) telah menyediakan roda besar di bidang perniagaan bagi
banyak perusahaan. Melalui media tersebut, para pemain bisnis
mendapatkan menfaat kecepatan, efisiensi, dan efektivitas pengeluaran
dari penggunaan website untuk mendapatkan kembali keuntungan investasi
dari periklanan dan kampanye promosi yang tidak didapatkan dalam
promosi media tradisional.
Beberapa
bentuk aktivitas eMarketing yaitu iklan banner/tombol dan link-link
website, email marketing dan newsletter, afiliasi marketing,
klasifikasi produk online, dan pemanfatan mesin pencari.
Bentuk-bentuk
aktivitas tersebut dapat mewakili keseluruhan kegiatan marketing
perusahaan dengan mengarahkan calon konsumen mengunjungi sebuah website
penjualan online yang dimiliki perusahaan tersebut untuk meningkatkan
statistik kunjungan dan penjualan.
Beberapa manfaat yang diperoleh dari eMarketing antara lain:
• Branding.
Produk, layanan, logo-logo perusahaan, dan penawaran dapat
ditampilkan secara visual, bahkan saat ini semakin marak dengan audio
dan video streaming yang terpasang melalui media internet.
• Direct Response (respon langsung). eMarketing menawarkan kecepatan. User
dapat merespon dengan mudah dan cepat. Tentu hal ini mengantarkan
pebisnis dalam mendapatkan hasil dengan segera dari kegiatan usaha
promosi dan iklan melalui internet.
• Targeting (penentuan target pasar).
Dengan teknologi yang digunakan (seperti rss, milis, forum, maupun
kode-kode website tertentu) dapat mentarget pengguna atau calon
konsumen.
• Tracking (pelacakan).
Elemen yang paling kuat dari eMarketing ialah, hampir apa saja bisa
dilacak dan bisa dilihat secara instan. Ini berarti, jika ada sesuatu
dalam sistem yang tidak bekerja, anda bisa mengatasinya.
• Return on Investment (kembali modal).
Karena kekuatan tracking yang begitu bagus, anda bisa memastikan
bahwa modal anda dapat kembali. Dengan dapat menentukan seberapa
banyak orang yang melakukan klik terhadap banner iklan atau link
email, para pemilik usaha dapat mengkalkulasi kembalinya modal
investasi dengan mudah.
• Inexpensive (tidak mahal).
eMarketing, terutama email dan membeli keywords (kata kunci) pada
mesin pencari internet adalah relatif murah, bahkan bisa dikatakan
sangat murah. Biaya email biasanya sudah tergabung dengan biaya koneksi
kepada Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider) yang masuk dalam layanannya. Pembelian keyword dapat dilakukan kepada perusahaan search engine seperti Google dan Yahoo.
Apa saja Tipe www eMarketing yang Digunakan?
Pemasaran
secara online (eMarketing) dapat dikategorikan dalam beberapa elemen
yang tertulis dalam poin-poin di bawah ini. Setiap metode mempunyai
tujuan yang spesifik dan memiliki kelebihan dan kekurangan
masing-masing. Sebelum anda melakukan investasi eMarketing, pastikan
anda menggunakan elemen yang tepat.
• Banner Advertisement (iklan melalui banner). Adalah
file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels) yang dipasangkan
pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan
pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus disajikan
semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli membeli produk anda.
• Sponsorship. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin sebelumnya.
• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi).
Seperti pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi online merupakan
cara yang sangat baik memasang bisnis anda di depan orang-orang yang
siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online
daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan
cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data.
Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti di http://www.ebay.com.
• Email Marketing (pemasaran melalui email).
Email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama,
dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter
orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari
perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini
adalah cara dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua,
dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon
customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk
newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa
kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang
terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan
fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs
melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap
kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di website
tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan
isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
• Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).
Para pengiklan yang menjual produknya secara online dapat membangun
jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan produk.
Contoh website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalah http://www.amazon.com.
• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).
Banyak pengguna internet mencari informasi melalui search engine
seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan orang yang tidak tahu di mana harus
mencari dan mendapatkan informasi mereka mencarinya di situs mesin
pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali
publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat
yang anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan
terlampir di mesin-mesin pencari tersebut. Sangat penting bagi anda
untuk memastikan bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin
pencari terkenal seperti yang tersebut di atas. Banyak cara yang dapat
dilakukan agar website anda terindeks pada mesin pencari tersebut
yang dikenal dengan Search Engine Optimization.
• Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial). Beberapa
situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter,
MySpace, Linkedln, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai senjata
eMarketing anda. Beberapa situs social network yang mengijinkan
menyertakan audio atau video klip antara lain: www.YouTube.com, www.Vsocial.com, www.MySpace.com,
www.Grouper.com. Facebook dan Friendster juga menyediakan fasilitas
embed audio dan video. Menggunakan situs jejaring sosial merupakan cara
efektif untuk mendemonstrasikan kemampuan pengetahuan dan komunikasi
anda. Banyak sekali situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan
untuk berkolaborasi dengan orang lain dan saling memberi komentar.
Namun hati-hati, jangan menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati,
karena hal tersebut dapat menjadi boomerang dan menjatuhkan reputasi
anda. (Ref:
http://www.makalahmanajemen.com/2010/04/pengertian-internet-marketing-e.html)
0 komentar:
Posting Komentar